Welcome to BlogYou!

Welcome to the latest and greatest blogger template.
Start Bloggin today with a free account!

Register Now!

Mar 22

Jangan Salah, Lemak Juga Memiliki Manfaat Bagi Tubuh

 

Bicara lemak yang terbayangkan orang tak jauh dari obesitas,  parasit dalam tubuh yang sebabkan kegemukan. Tapi tahukah anda ternyata lemak memiliki manfaat bagi tubuh manusia yakni berperan sebagai sumber energi selain karbohidrat dan protein. Dimana ia merupakan salah satu dari kesekian zat makro yang berperan sebagai penyimpan energi dalam tubuh.

Lemak sendiri memilki beberapa jenis diantaranya lemak sederhana, lemak campuran, dan lemak asli ( lemak jenuh dan lemak tidak jenuh).

Berdasar  dari sifatnya, Lemak memiliki sifat zat organic hidrofobik yang membuat lemak akan sulit larut di dalam air. Berawal dari situlah lemak sangat mudah menimbun di dalam tubuh, apalagi secara terus menerus mengkonsumsi makanan yang menganduk lemak, akibatnya perut bertambah buncit dan seseorang makin mudah terkena obesitas. Akan tetapi, jika seseorang mampu mengendalikan dengan baik kadar lemak dalam tubuh, lemak justru dapat berperan baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Sebab menilik dari kandungan yang terdapat dalam lemak, seperti oksigen, fosfor, karbon, nitrogen dan hydrogen, lemak dipercaya mampu berperan diantaranya:

Bermanfaat melindungi tubuh dari perubahan iklim.

Berfungsi sebagai alat pelindung organ vital seperti jantung, lambung dan organ lainnya.

Bermanfaat untuk membantu menyusun membrane sel di dalam tubuh.

Menghemat peranan protein dalam tubuh dimana lemak membantu proses pembentukan energi.

Bermanfaat untuk menyusun vitamin dan hormon dalam tubuh.

Tak berhenti disitu saja, lemak ternyata juga berfungsi:

Sumber energy, Lemak yang baik juga sangat bermanfaat sebagai sumber energi. Energy inilah yang membuat orang bisa melakukan aktifitas. Tak hanya itu saja, seseorang yang kurang asupan lemak juga sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

Membantu penyerapan vitamin, Tanpa lemak, vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan bisa terserap ke dalam tubuh. Dan kita tahu tubuh tidak bisa memproduksi vitamin sendiri.

Menunjang fungsi otak, Lemak baik akan mampu membuat sel-sel yang ada di dalam otak terus berkembang dan membentuk lapisan sel yang sehat. Juga mampu menghindarkan seseorang dari penyakit demensia.

Meningkatkan kesuburan, jika dibandingkan seorang wanita remaja yang masuk dalam usia subur bisa mendapatkan siklus mentruasi yang teratur daripada seorang wanita yang kekurangan asupan lemak. Disitu fungsi lemak memainkan perannya. Namun jangan salah, kelebihan lemak dalam tubuh bisa menganggu proses kesuburan seseorang, baik pria ataupun wanita.

Mengontrol berat badan, lemak juga berperan dalam membantu tubuh agar berat tubuh tetap ideal. Seperti diketahui lemak ada dua macam yaitu lemak jahat dan lemak baik. Jika Anda mengonsumsi lemak baik tentu saja tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

Itulah beberapa fungsi dari lemak bagi tubuh manusia , dan sebaiknya sebisa mungkin anda tidak berebihan dan selalu menjaga keserimbangan dalam mengkonsumsi makanan, khusus yang  mengandung lemak.

blogyou template Copyright 2009 Monev Software LLC