Welcome to BlogYou!

Welcome to the latest and greatest blogger template.
Start Bloggin today with a free account!

Register Now!

Apr 18

Pembuluh Darah Tersumbat, Ini Pertandanya

 

Layaknya gorong-gorong, pembuluh darah pada manusia pun bisa tersumbat. dan kalau hal itu terjadi, berarti tanda bahaya dan segera mungkin harus diatasi. Sebab, pembuluh darah tersumbat menjadi penyakit yang cukup serius.

Atherosclerosis, nama penyakit ini dalam dunia kedokteran menggambarkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah dikarenakan plak lemak. Akibat adanya penyumbatan inilah pasokan aliran darah pada otot jantung dan organ-organ vital lainnya mengalami kekurangan, yang selanjutnya,bisa memicu sebuah kondisi yang membahayakan nyawa, salah satunya yaitu serangan jantung dan juga stroke.

Plak sendiri, selaku penyumbat, plak merupakan deposit lemak yang menempel pada dinding dalam (endotel) yang mengganggu laju aliran darah dalam pembuluh darah. Tentu saja jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, dinding pembuluh darah akan menyempit dan terjadilah penyumbatan tersebut. Dengan kondisi yang seperti itu sangat dimungkinkan dinding pembuluh darah yang dipenuhi oleh plak menjadi rapuh dan bisa pecah. Bila lapisan endotel pecah maka akan terjadi penggumpalan dan penyumbatan pada area tersebut.

Banyak faktor penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah, diantaranya kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, kebiasaan merokok, hipertensi dan diabetes.

Karenanya sangat penting mendeteksi dini keberadaan penyakit berbahaya ini, sebagai langkah preventif, guna mencegah terjadinya hal-hal yang sama sekali semua orang tidak menginginkannya. Dan ternyata, sebenarnya tanda-tanda terjadinya penyumbatan  pembuluh darah itu bisa kita kenal dan jumpai, hanya saja tidak kita sadari. Dan inilah tanda-tanda itu:

Kondisi kesehatan otak terganggu, kebanyakan orang yang mengalami gangguan otak, bisa diartikan ia sedang mengalami penyumbatan pada pembuluh darah. Itu ditandai dengan pusing pada kepala bagian belakang dikarenakan aliran suplai darah yang menuju ke otak tidak memadai. Dan seseorang yang mengalami hal ini juga bisa kehilangan keseimbangan, pendengaran terganggu, tidak mampu melakukan buang air besar, terjadi perubahan sifat, susah konsentrasi hingga pendarahan dan pengerasan dinding-dinding pembuluh darah. Hal ini dikarenakan otak  berfungsi sebagai pengontrol seluruh anggota tubuh terganggu oleh penyumbatan tersebut.

Ginjal tidak berfungsi, orang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah, otomatis oksigen dan nutrisi penting terhambat menuju ke ginjal. Akibatnya ginjal terganggu menjalankan tugasnya menyaring darah serta mengeluarkan racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. sehingga bisa memicu penyakit gagal ginjal yang dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh anggota tubuh. Seperti kelumpuhan total hingga kematian.

Kaki sering nyeri, jika kaki anda sering merasakan nyeri yang rasanya tak terkira, waspada bisa jadi hal tersebut adalah pertanda terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Dan itu sangat mungkin, biasanya nyeri pada kaki disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh arteri di kaki atau biasa disebut klaudikasio.

Kebotakan, penyebab kebotakan yang tak wajar seringkali dihubungkan dengan gejala penyakit jantung coroner akibat penyumbatan pembuluh darah. Dan hati-hati jika seseorang yang sudah berada di tahap ini kemungkinan besar juga akan mengalami kematian akibat serangan jantung mendadak, hal itu berlaku tidak hanya bagi pria saja, wanita juga.

Disfungsi ereksi, jika seorang pria tidak mampu melakukan ereksi, boleh jadi pembuluh darahnya tersumbat. maka segeralah secepat mungkin mengatasinya, kalau dibiarkan bisa menjadi masalah serius, karena ada hubungannya dengan serangan jantung yang datangnya tak bisa diperkirakan.

Jadi, kenali betul tanda-tanda penyumbatan pembuluh darah diatas. Dengan anda waspada niscaya hal-hal yang tidak kita inginkan bisa dihindari. Apalagi gangguan tersebut erat hubungannya dengan keberadaan nyawa kita satu-satunya. Sayangi nyawa anda.

Author:
admin Filed Under:
ARTIKEL - Manul Book OT
E-mail Print PDF
blogyou template Copyright 2009 Monev Software LLC